cover photo

Cara Perusahaan Sukanto Tanoto Menyeimbangkan Bisnis dan Perlindungan Alam

Join Group
Cara Perusahaan Sukanto Tanoto Menyeimbangkan Bisnis dan Perlindungan Alam

Category
Business
Created
Thursday, 04 January 2018
Group Admin
Tania bae

April grup adalah salah satu perusahaan yang sukses dan dipimpin oleh pengusaha yang terkenal dan tokoh di bidang bisnis, yaitu Sukanto Tanoto. Ia berprinsip dimana harus membawa kebaikan dan yang sudah sejak lama ia tanamkan di diri perusahaan-perusahaannya, yaitu bernama prinsip 5C. Prinsip 5C sendiri adalah baik bagi Masyarakat (Community), Pelanggan (Costumer), Negara (Country), Iklim (Climate), dan Perusahaan (Company).

Di samping itu, Sukanto Tanoto memiliki pandangan menarik terkait bisnis dan perlindungan alam. Baginya kelestarian lingkungan diperlukan agar bisnis berjalan mulus. Keseimbangan keduanya pun sangat vital karena bisnis tidak bisa berkembang jika lingkungannya rusak, pun sebaliknya. Hal itu jelas berdampak negatif terhadap bidang manapun.

Dalam membuat suatu produk, April grup membutuhkan sebuah lama dimana untuk perlindungan lingkungan. Mereka mengembangkan perkebunannya sendiri untuk kebutuhan bahan baku. Misalnya untuk membuat pulp dan kertas, yang mana memerlukan kayu dari pohon akasia. Mereka mendapatkannya dari perkebunannya sendiri yang dikelola oleh PT Riau Andalan Pulp & Paper dan 40 mitra pemasok jangka panjang di Sumatera. Lahan yang mereka kelola mencapai 481.466 hektar dan sekitar 79 persen kebutuhan fiber untuk produksi pulp dan kertas sudah terpenuhi. Sisa kebutuhan produksi didapat dari pemasok jangka pendek yang ada di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia.

Baca juga: FILOSOFI DASAR DALAM PROMOSIKAN PERTUMBUHAN INKLUSIF SEBAGAI PELUANG

Tujuan April grup mendapatkan bahan baku tersebut agar suplainya terus terjaga dan dapat meningkatkan produksi di perkebunannya. Di tambah lagi dengan memberi kesempatan sains dalam memerankan hal penting, yaitu dengan memanfaatkan tim Research & Development yang dimiliki untuk mengembangkan pendekatan sains untuk peningkatan produksi perkebunan, yang mana mempekerjakan 160 tenaga ahli. Dari semua itu, 15 orang di antaranya merupakan lulusan doktoral. Kiprah mereka ditunjang dengan laboratorium memadai dengan fasilitas lengkap.

Keberhasilan pun didapat oleh April grup, mereka mampu meningkatkan hasil perkebunan akasia miliknya. Yang dulunya menghasilkan 22 meter kubik kayu. Kini berkat riset terus-menerus, April grup bisa mendongkrak produksinya menjadi 32 meter kubik pada 2010. Bahkan, mereka mengejar target menjadi 35 meter kubik pada 2020.

Selain itu April grup, anak perusahaan Sukanto Tanoto yang juga menyeimbangkan produksi dan perlindungan lingkungan adalah Asian Agri. Asian Agri adalah produsen kelapa sawit terkemuka ini juga menjaga alam dengan memaksimalkan hasil perkebunannya. Mereka memiliki kapasitas produksi mencapai satu juta ton per tahun. Dalam memenuhi kebutuhan bahan baku, Asian Agri mengelola perkebunan sendiri dengan konsep terbarukan. Bersama dengan para petani plasma, Asian Agri mengelola lahan seluas 160 ribu hektar dan dari 60 ribu hektar dikelola oleh petani plasma. Dari lahan tersebut, Asian Agri harus menjaga suplai bahan baku.

Pemanfaatan perkebunan secara maksimal yang dilakukan oleh April grup adalah kunci bagi RGE dan untuk menjaga cara perusahaan Sukanto Tanoto menyeimbangkan bisnis dan perlindungan alam. Perusahaan Sukanto Tanoto ini memenuhi kebutuhan bahan baku dari perkebunannya sendiri.

Sumber:
http://www.sateri.com/sukanto-tanoto/
http://www.po-and-g.com/about-us/sukanto-tanoto

Category
Business
Created
Thursday, 04 January 2018
Group Admin
Tania bae
  • There are no discussions in this group yet. Why don't you create one?

Latest Pictures

Please use in this place the Community - Latest Photos module if you are using the JomSocial component.

mod_community_photos

latestphoto

Log In or Sign Up

Log in with Facebook

Forgot your password? / Forgot your username?